Laman

Rabu, 14 Juni 2017

Ikhtisar Mata Kuliah Media Komunikasi Publik mengenai "Karakteristik Media Komunikasi"



KARAKTERISTIK MEDIA KOMUNIKASI



Kehidupan manusia tentu tak akan luput dari komunikasi, dan komunikasi tidak akan pernah berjalan dengan baik tanpa adanya media. Media adalah suatu sarana yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dari satu orang ke orang lain.
Media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “Medium” yang secara harfiah berarti “perantara” yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver) (Heinich, dkk dalam Hermawan, 2007: 3), sedangkan karakteristik adalah fitur pembeda atau ciri yang khas dari seseorang atau suatu benda.

Karakteristik Media
Berikut adalah beberapa karakteristik media yang perlu kita ketahui :
ü  Publisitas.
Yang dimaksud publisitas yakni yang disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak.
ü  Universalitas.
Maksudnya adalah pesannya bersifat umum, tentang segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak (masyarakat umum).
ü  Periodisitas.
Waktunya yang tetap atau berkala, misalnya harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari.
ü  Kontinuitas.
Berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan priode mengudara atau jadwal terbit.
ü  Aktualitas.
Yakni berisi hal-hal baru, seperti informasi atau laporan peristiwa terbaru, tips baru, dan sebagainya. Aktualitas juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.

Jenis-jenis media massa saat ini secara garis besar dibagi tiga, diantaranya adalah :
  1. Media Cetak (Printed Media): Suratkabar, Tabloid, Majalah.
  2. Media Elektronik (Electronic Media): Radio, Televisi, Film/Video
  3. Media Siber (Cyber Media): Website, Portal Berita, Blog, Media Sosial.
Siapa aja penguasa media ?
1.      Media Buku : Gramedia, Erlangga, Trubus (Agromedia)
2.      Media Internet : Kompas, Media Indonesia, Detik
3.      Media TV : TV Swasta/sekuler
4.      Media Massa Cetak : Kompas, Jawa Pos/Indo Pos, Media Indonesia, Tempo, Gatra
Saat kita berkomunikasi melalui media massa (komunikasi massa), keahlian atau keterampilan (skills) yang harus dimiliki antara lain menulis (writing skill), jurnalistik, broadcasting/announcing skills, editing, bahasa jurnalistik (bahasa media), dan editing foto, audio, dan video.

Televisi (TV)
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi  terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele (τῆλε, "jauh") dari bahasa Yunani dan visio ("penglihatan") dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.” (Wikipedia)

Karakteristik Televisi (TV)
1.    Audiovisual, yakni dapat didengar sekaligus dapat dilihat
2.    Berpikir dalam gambar, yakni pengarah acara bertanggung jawab pada kelancaran acara TV. Ada 2 proses :
a.    Visualisasi : merangkai agar gambar memiliki makna
b.    Penggambaran : merangkai gambar sehigga mempunyai kontinuitasdan mengandung makna tertentu
3.      Pengoperasian lebih kompleks, yakni melibatkan banyak orang dan peralatan,
4.      Bersifat satu arah, maka komunikan harus aktif mencari acara dan  selektif
5.      Bersifat terbuka, maka harus dipikirkan ekses dari tayangan
6.      Publik tersebar
7.      Bersifat selintas
8.      Keserempakan
9.      Fungsi penerangan, pendidikan dan hiburan

Fungsi Televisi (TV)
1.      Fungsi Informasi (The Information Function)
Dalam melaksanakan fungsinya sebagai sarana informasi tidak hanya dalam bentuk siaran pandang mata, atau berita yang dibacakan penyiar, dilangkapi gambar-gambar yang faktual, akan tetapi juga menyiarkan bentuk lain seperti ceramah, diskusi dan komentar.
2.      Fungsi Pendidikan (The Education Function)
Televisi merupakan sarana yang ampuh untuk menyiarkan pendidikan kepada khalayak yang jumlahnya begitu banyak dan disampaikan secara simultan. Sesuai dengan makna pendidikan, yakni meningkatkan pengetahuan dan  penalaran masyarakat televisi menyiarkan acaranya secara teratur dan terjadwal seperti pelajaran bahasa indonesia, matematika, dan lainnya. Selain itu televisi juga menyajikan acara pendidikan yang bersifat informal seperti sandiwara, legenda dan lain-lain.
3.      Fungsi Hiburan (The Entartaint Function)
Dalam negara yang masyarakatnya masih bersifat agraris, fungsi hiburan yang melekat pada televisi siarannya tampaknya lebih dominan. Sebagian besar dari alokasi waktu siaran diisi oleh acara-acara hiburan. 


Radio
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas, dan merambat lewat udara, dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara). (Wikipedia)

Karakteristik Radio
1.      Auditif : radio is sound, hanya bisa didengarkan. Media dengar, Komunikasi suara
2.      Theatre of mind : Siaran radio merupakan seni menyampaikan atau memainkan imajinasi pendengar melalui tata suara. Menciptakan gambar di pikiran melalui suara
3.      Transmisi : proses penyebarluasan melalui pemancarlalu dikirim oleh pesawat radio / frekuensi masing-masing
4.      Cepat dan langsung :
5.      Akrab
6.      Dekat : penyiar radio menyapa dengan hangatkpd pendengar secara personal, hangat.
7.      Tanpa batas ; dapat disimak oleh siapa saja, menembus batas geografis, demografis, suku, agama, ras, antar golongan, antar kelas soial
8.      Murah :
9.      Portable, fleksible

Fungsi Radio
1.       Memberikan informasi
Dengan adanya radio masyarakat bisa mengetahui informasi apapun meskipun hanya dalam bentuk audio radio cukup mampu memberekin informasi yang akurat sehingga masyarakat bisa mengetahui apa yang sedang terjadi.
2.       Hiburan
Tidak semua daerah di Indonesia masyarakatnya bisa memiliki televise oleh karena itu radio sangat di perlukan sebagai hiburan bagi sebagian masyarakat Indonesia.karena radio bisa menjangkau daerah daerah terpencil sekalipun.oelh karena itu radio menjadi salaj satu hiburan bagi masyarakat.
3.       Edukasi
Radio juga mempunyai fungsi edukasi yaitu dengan memeberi pengetahuan sehingga bisa menambah wawasan para pendengarnya.


Internet
            Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan"). (Wikipedia)

Karakteristik Internet
1.      Informasi yang ada didalamnya itu bersifat publik.
cyberspace atau dunia maya disebut sebagai zaman informasi karena di dunia maya ini kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang ada didalamnya.
2.      Dunia maya selalu mengalami perubahan yang sangat cepat.
Maksudnya adalah dengan didukung kemudahan mengupdate data, maka perubahan yang terjadi di dalam dunia maya ini pun juga menjadi sangat cepat berubah.
3.      Internet beroperasi secara virtual.
Beroperasi secara virtual itu maksudnya adalah jika kita sedang berada di dalam dunia maya yang didalamnya dihuni oleh orang-orang yang saling bertukar pikiran, berdiskusi, berinteraksi, dan cara melakukan hal tersebut pun tidak perlu melakukan pertemuan secara fisik melainkan dapat bertemu dengan jarak yang berjauhan tanpa harus menunjukkan identitasnya masing-masing.

Fungsi Internet
1.      Menambah wawasan dan pengetahuan
2.      Membuat laju komunikasi menjadi lebih cepat
3.      Memudahkan untuk berbelanja di internet
4.      Internet sebagai wahana hiburan
5.      Memudahkan untuk berbagi apapun dan kepada siapapun
6.      Memudahkan mencari lowongan pekerjaan
7.      Membantu memudahkan urusan bisnis

Surat Kabar
Surat kabar adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa even politik, kriminalitas, olahraga, tajuk rencana, cuaca. Surat kabar juga biasa berisi karikatur yang biasanya dijadikan bahan sindiran lewat gambar berkenaan dengan masalah-masalah tertentu, komik, TTS dan hiburan lainnya. (Wikipedia)

Karakteristik Surat Kabar
1.      Publisitas : penyebaran pada publik / khalayak
2.      Periodesitas : keteraturan terbit : harian, mingguan, 2 mingguan, bulanan dsb
3.      Universalitas : kesemestaan isinya : yg beranekaragam dr seluruh dunia
4.      Aktualitas : keadaan yang kini dan sebenarnya
5.      Terdokumentasikan : dari berbagai fakta yg disajikan dalam bentuk berita, atau artikel, yg dapat diarsipkan
6.      Kelebihan : mampu menyajikan berita-berita dan gagasan tentang perkembangan masyarakat pada umumnya 

Fungsi Surat Kabar
1.      Fungsi menyiarkan informasi
Fungsi yang pertama dan utama surat kabar yaitu menyiarkan informasi. Khalayak pembaca berlangganan atau membeli surat kabar dikarenakan membutuhkan informasi mengenai berbagai hal di bumi ini, mengenai peristiwa yang terjadi, gagasan atau pikiran orang lain, apa yang dilakukan orang lain, apa yang dikatakan orang lain, dan lain sebagainya.
2.      Fungsi mendidik
Sebagai sarana pendidikan massa (mass education). Surat kabar memuat tulisan-tulisan yang mengandung pengetahuan, sehingga khalayak pembaca menjadi bertambah pengetahuannya. Fungsi mendidik ini bisa secara implisit dalam bentuk berita, dapat juga secara eksplisit dalam bentuk artikel atau tajuk rencana. Kadang-kadang cerita bersambung atau bergambar juga dapat mengandung unsur pendidikan.
3.      Fungsi menghibur
Hal-hal yang bersifat hiburan sering dimuat surat kabar untuk mengimbangi berita-berita lempang (hard news) dan artikel-artikel yang berbobot. Isi surat kabar yang berisi hiburan bisa berbentuk cerita pendek, cerita bergambar, pojok, teka-teki silang, karikatur, dan kadang-kadang tajuk rencana. Tujuan pemuatan isi yang mengandung hiburan itu, semata-mata untuk melemaskan ketegangan pikiran setelah pembaca disuguhi berita dan artikel yang berat-berat.
4.      Fungsi mempengaruhi
Adalah fungsi yang keempat ini, yakni fungsi mempengaruhi, yang menyebabkan surat kabar memegang perana penting dalam kehidupan masyarakat. Fungsi mempengaruhi dari surat kabar secara implisit terdapat pada berita, sedangkan secara eksplisit terdapat pada tajuk rencana dan artikel
5.      Untuk kampanye proyek-proyek yg bersifat kemasyarakatan yg sgt diperlukan untuk membantu kondisi-kondisi tertentu
6.      Melayani pembaca sebagai konselor yg ramah, menjadi agen informasi, memperjuangkan hak hak.
Demikian, semoga dapat membawa manfaat :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar